Senin, 17 Februari 2014

Langkah - Langkah Memulai Bisnis

Saya mau bagikan sedikit apa yang saya dapatkan ketika Fakultas saya FTI - Universitas Kristen Satya Wacana melakukan studi banding ke Universitas Kristen Maranatha mengenai Unit Bisnis. Sangat banyak hal yang bisa saya dapatkan ketika melakukan studi banding disana. Tips - tips sederhana ini mungkin bisa membantu teman - teman yang ingin memulai usaha.
1. Berani / Nekat
Terkadang pengusaha juga membutuhkan mental seperti ini. ketika anda takut untuk gagal anda akan sangat susah untuk mencapai kesuksesan (menurut saya) karena setiap memulai usaha jarang sekali saya temui, bahkan tidak ada yang tidak gagal pada saat proses menuju Kesuksesan. Mental yang berani dan nekat untuk ambil resiko harus ditekankan pada poin ini.

2. Banyak Merenung (bukan melamun) tapi Merefleksikan
Dengan banyak merefleksikan kehidupan dan pengalaman sehari - hari dapat membantu teman - teman ketika sedang bingung mencari jalan keluar untuk usaha yang dimuali teman - teman. Banyak relasi dan komunikasi dengan teman yang juga sudah lumayan ahli juga bisa dijadikan refleksi ketika kita sedang mengalami kesulitan.

3. Berani Melangkah
Berani melangkah disini bisa diartikan berani untuk melangkah maju demi kemajuan usaha.

4. Jadikan laba sebagai modal tambahan
Ketika usaha anda perlahan - lahan sudah berjalan jangan ambil keseluruhan laba yang sudah anda peroleh, tapi gunakan sebagian sebagai modal tambahan untuk kemajuan usaha anda.

5. Pikirkan bisnis lain ketika usaha yang lama sudah tidak berkembang lagi
Ketika anda sudah memulai bisnis dan suatu saat bisnis pertama anda tersebut sudah sulit untuk berkembang jangan takut untuk mencoba bisnis / usaha yang lain. Cobalah untuk memikirkan bisnis lain yang bisa digunakan sebagai bisnis utama yang berjalan bebarengan dengan bisnis pertama anda

6. Berpikir Kreatif
Ini salah satu hal yang juga perlu dimiliki oleh usahawan, pikirkanlah apa yang tidak dipikirkan orang lain. Pikiran kreatif menjadi salah satu modal besar saat anda memulai sebuah usaha.

- Sukses itu ga bisa instan, sukses itu dimulai dari bawah banyak halang dan rintang.
- Kuat menjalani jatuh bangun usaha.
- Ketika sudah sukses jangan songong.
- Ketika bisa SUKSES WAKTU MUDA kenapa harus NUNGGU TUA?

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi teman - teman yang ingin memulai jadi seorang pengusaha, saya sudah memulai bisnis kecil - kecilan saya dan doakan bisa berkembang jadi bisnis yang besar dan memberkati banyak orang.

Tuhan Memberkati :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar